Pages

Sabtu, 05 September 2015

Ruang Kerja Coreldraw

Ruang Kerja Coreldraw

Ruang kerja Coreldraw di sebut juga dengan nama workspace yang merupakan tempat kerja kita untuk membuat desain. Di dalam ruang kerja ini terbagi menjadi beberapa bagian yang memiliki fungsi masing-masing dan dapat di lihat pada gambar berikut ini.


1.       Title bar
Title merupakan nama dari file coreldraw yang sedang aktif, jika kita belum melakukan save maka nama default dari coreldraw inia dalah graphic1. Namun setelah user menyimpan nya dengan nama lain Ex:zeptaify1 maka title bar akan berubah menjadi zeptaify1.

2.       Menu bar
Menu bar merupakn kumpulan perintah-perintah yang ada di coreldraw dimana perntah-perintah itu dapat di akses dengan menekan judul menu bar ataud engan shortcut-shortcut yang ada di coreldraw.

3.       Tool bar
Tool bar merupakan penjabaran dari perintah-perintah yang ada d menu bar dimana tool bar ini berbentuk ikon. Tool bar juga dapat di aktifkan maupun di nonaktifkan dengan memilih pilihan window > toolbars , pilih tool yang ingin di aktifkan maupun di nontaktifkan.

4.       Property bar
Property bar ini bersifat dinamis karena mengikuti tool apa yang telah user pilih untuk di gunakan karena setiap tool memiliki kemampuannya masing-masing.

5.       Rulers
Rulers merupakan penggaris untuk mengukur ukuran desain yang memerluka ukuran tepat, rulers ini dapat di gunakan dengan menariknya ke dalam ruang kerja coreldraw.

6.       Color palette
Color pallete merupakan w arna yang terdapat di dalam coreldraw, pilihand ari warna di coreldraw beragam ada dengan mode rgb maupun cmyk dll, colorpallete ini dapat di akses melalui menu bar windows > color pallete

7.       Scroll bar
Scroll br memiliki fungsi untuk menggeser lebar kerja / drawing window untuk melihat bagian-bagian yang sudah di kerjakan user.

8.       Status bar
Status bar ini merupakan informasi tentang tool apa yang sedang aktif, contohnya text tool maka yang dapat di lakukan dengan text tool adalah dengan mengklik atau mendarg agar dapat membat pararaf text.

9.       Document navigator
Document navgator merupakan alat untuk mengatur document yang ada di coreldraw, karenadalam 1 file coreldraw bsa terdapat banyak lembar kerja yang dapat di tambah oleh user.

10.   Toolbox
Toolbox merupakan alat untuk mendesain, setiap tool masih memiliki bagiannya masing-masing terkecuali pick tool, text tool dan table tool. Pembagian itu di tandai dengan tanda segitiga kecil dimana jika user menekan kotak segitiga itu lama maka akan kelihatan tools sejenis lainnnya. Untuk lebih jelasnya mengenai tool box klik disini

11.   Drawing window
Drawing window adalah tempat user untuk menggambar.

12.   Drawing page / printable area
Drawing page adalah tempat user untuk menggambar dan juga tempat ini merupakan batasan dari page untuk mengeprintnya menjadi hard copy, contoh jika menggunakan kertas a4 maka ukuran drawing page juga harus a4. Untuk lebih jelasnya klik disini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar